Membuat Puisi yang Baik dan Benar

by | |
Share :
Pahami dulu puisi itu Apa! baru kita belajar membuat puisi, sudah tau Definisi Puisi dan Unsur-Unsur Puisi ? Puisi terdiri atas dua unsur yang menjadi ciri umum puisi, yaitu unsur yang berkaitan dengan bentuk puisi dan unsur yang berhubungan dengan makna puisi. Unsur yang berkaitan dengan bentuk puisi adalah bunyi (irama dan rima), pilihan kata, dan tampilan cetak/ tulisan tipografi. Unsur yang berkaitan dengan makna puisi adalah tema, pesan tersurat, dan pesan tersirat.
"Carilah cara untuk membuat kebiasaan menulis (puisi) itu menjadi sesuatu yang menyenangkan. Bisa dengan memutar musik atau menenggak secangkir kopi atau teh saat Anda menulis. Menulislah dengan ditemani sesuatu yang Anda sukai, dan Menulislah denga Hati"

Menulis itu kebiasaan. Orang bisa karena biasa. Jadi, biasakan menulis. Bisa apa saja dan tentang apa saja. Menulis itu ibarat mengasah pedang, semakin lama di asah, semakin tajam juga. Yang dibutuhkan menulis adalah ketajaman. Oleh karena itu perlu diasah, seperti mengasah pedang. Semakin lama diasah, semakin tajam. Semakin tajam daya menulis seseorang, semakin lancar ia mengalirkan pikiran dan perasaannya ke dalam bentuk tulisan.

Proses menulis itu juga ibarat mata air yang mengalir ke sungai. Biarlah ia mengalir menjadi sungai dan bermuara ke samudra lepas. Percayalah, orang-orang, ikan-ikan, batu-batu, bahkan kotoran sekalipun memanfaatkannya untuk sebuah perjalanan hidupnya. Janganlah ditutupi mata air itu. Janganlah dibendung sungai itu. Otak kita adalah sumber mata air. Ia mengalirkan isinya untuk bermuara menjadi tulisan. Jadi, biasakanlah otak kita seperti itu. Janganlah Kamu biarkan mata air (otak) itu diam membeku. Salurkanlah menjadi tulisan. Jangan dibiasakan mendiamkan pikiran dan perasaan ke dalam otak. Paling-paling akan memenuhi ruang bawah sadar kita. Tapi jika ia disalurkan ke dalam tulisan, akan bermanfaat bagi orang lain. Dapat juga kelak menjadi profesi sebagai seorang penulis. Profesi sebagai penulis sekarang ini, mendatangkan imbalan materi yang lumayam.

Selamat Berkreasi !!! Semoga Tulisan Membuat Puisi yang Baik dan Benar dapat menginspirasi Sobat.

0 Comment:

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))